Beri Dukungan
first published at:
updated at:
    Wisata

Telaga Sarangan atau dikenal juga sebagai Telaga Pasir merupakan telaga atau danau yang terbentuk secara alami. Berlokasi di Lereng Gunung Lawu, Kabupaten Magetan, Provinsi Jawa Timur telaga ini berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut dengan jarak ke pusat kota Magetan sejauh 16 km.

sarangan-5.jpg

Telaga Sarangan memiliki luas sebesar 30 hektar dengan kedalaman sedalam 28 meter. Karena berada di Kawasan pegunungan udara di telaga ini cukup dingin dengan kisaran suhu antara 15 hingga 20 derajat celcius.

sarangan-4.jpg

Telah lama menjadi objek wisata Telaga Sarangan menawarkan berbagai aktivitas seperti berkuda keliling telaga untuk anak – anak dan penyewaan speedboat dengan harga sekitar 80 ribu rupiah perindividu. Pondok penginapan dan toko cenderamata banyak berjejeran di seputar telaga dengan pemandangan indah bukit – bukit lereng Gunung Lawu.

sarangan-3.jpg

sarangan-6.jpg

Telaga Sarangan memiliki beberapa kalender event penting tahunan,yaitu labuh sesaji pada Jumat Pon bulan Ruwah,liburan sekolah di pertengahan tahun,Ledug Sura 1 Muharram,dan pesta kembang api di malam pergantian tahun.

sarangan-2.jpg

Selain dari arah Magetan atau Jawa Timur perjalanan ke lokasi Telaga Sarangan pula bisa ditempuh dari arah Yogyakarta melalui Klaten kemudian berbelok ke arah Sukoharjo dan Tawangmangu dengan lama perjalanan sekitar dua jam dari kota Klaten.


Bagikan catatan ini

Ikuti Studiofru | Green Project melalui media sosial untuk mendapatkan informasi singkat mengenai flora dan fauna

Catatan Terbaru