Beri Dukungan
first published at:
updated at:
    Pengetahuan

Indonesia adalah salah satu penghasil mangga terbesar di dunia, dengan buah yang banyak dibudidayakan di seluruh negeri. Menurut laporan Statista, Indonesia menghasilkan sekitar 2,86 juta metrik ton mangga pada tahun 2021, menjadikannya salah satu produsen mangga terbesar di dunia.

Beberapa jenis mangga yang umumnya ditanam di Indonesia antara lain Arumanis, Gedong Gincu, Manalagi, dan Harum Manis (Gaya Hidup Mewah di Indonesia | Indonesia Tatler). Mangga Arumanis dikenal dengan daging buahnya yang manis dan berair, sedangkan mangga Gedong Gincu memiliki warna kemerahan dan sedikit asam. Menurut laporan International Society for Horticultural Science, Indonesia paling banyak mengekspor mangga ke Taiwan, Singapura, dan Brunei Darussalam pada tahun 1995, dengan total volume 694 ton. Namun pada tahun yang sama, Indonesia juga mengimpor mangga dari Thailand dan Australia sebanyak 45 ton.

Provinsi utama penghasil mangga di Indonesia adalah Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Kalimantan Timur (Statista). Kabupaten Pasuruan di Jawa Timur merupakan sentra produksi mangga terbesar di provinsi tersebut dengan kontribusi sebesar 21,1% dari total produksi.

Menurut laporan International Society for Horticultural Science, Jawa Timur merupakan provinsi utama penghasil mangga di Indonesia, diikuti oleh Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Kalimantan Timur. Laporan tersebut juga menyatakan bahwa budidaya mangga di Indonesia sebagian besar dilakukan oleh petani kecil dengan menggunakan metode tradisional, melalui penggunaan teknologi dan input modern yang terbatas.

mangga - Mangifera indica - 2.jpg

Pohon mangga di Indonesia biasanya tumbuh di kebun campuran dengan pohon buah atau tanaman lain, dan sering ditumpangsarikan dengan sayuran, kacang-kacangan, atau sereal. Pohon mangga di Indonesia biasanya diperbanyak dengan biji, meskipun pohon yang dicangkok menjadi lebih populer (PRODUKSI DAN INDUSTRI MANGGA DI INDONESIA | International Society for Horticultural Science). Mangga di Indonesia dipanen secara manual, dan buahnya biasanya dijual segar di pasar lokal atau diolah menjadi berbagai produk seperti jus, selai, atau buah kering.


Bagikan catatan ini

Ikuti Studiofru | Green Project melalui media sosial untuk mendapatkan informasi singkat mengenai flora dan fauna

Catatan Terbaru