Beri Dukungan
first published at:
updated at:
    Pengetahuan
    Inovasi
    Ilmu Tanah

Cirebon dan Indramayu merupakan sebuah kota pelabuhan dengan jumlah masyarakat yang bekerja di bidang perikanan yang cukup tinggi. Mulai dari nelayan dan penjual ikan. Ikan - ikan yang dijual cukup bervariasi seperti ikan tongkol, ikan kakap, ikan kerapu juga kerang.  

Kerang merupakan komoditi perikanan yang sangat diminati oleh masyarakat Indonesia. Keberadaannya masih dapat dengan mudah ditemui oleh para nelayan di berbagai daerah. Untuk kerang produksi tidak hanya dijual secara utuh lengkap dengan cangkangnya. Namun seringkali dijual tanpa cangkang.

tpi-indramayu-3.jpgtpi-indramayu-2.jpg

Penyediaan komoditi kerang dalam bentuk bersih tanpa cangkang tentu saja memberikan kemudahan dan efisiensi dalam aktivitas memasak. Namun begitu masalah limbah kerang sisa proses pelepasan cangkang belum dapat benar - benar diatasi.

Metode penggunaan kembali (reuse) yang umumnya dilakukan adalah dengan memodifikasi limbah kerang menjadi benda kerajinan dengan nilai baik yang memiliki fungsi guna maupun yang memiliki fungsi dekorasi.

Baru beberapa tahun belakangan mulai muncul inovasi dengan penggunaan limbang kerang yang lebih fungsional, yaitu sebagai bahan konstruksi bangunan berupa semen atau paving block. Sayangnya belum banyak masyarakat yang mau melakukan produksi bahan bangunan dengan material limbah kerang. Pengetahuan untuk sekedar menjajal dan eksperimentasi juga tampaknya belum banyak diketahui. Padahal penelitian terkait kandungan limbah kerang untuk penggunaan bahan bangunan sudah pernah dilakukan.

tpi-indramayu-4.jpg

Dinyatakan oleh Muhammad Fauzul Imron, S.T., M.T. melalui laman web Unair News bahwa konversi limbah kerang menjadi mineral baru untuk bahan semen yang berkelanjutan sebagai pengganti dan tambahan pengisi mineral dalam semen terbukti cocok.  Selain itu, limbah kerang juga dapat menjadi bahan pendukung proses sintesis fotokatalitik.

wangsakerta_limbahkerang.jpg

Manfaat lain yang dapat diambil dari limbah kerang adalah sebagai bahan pakan ternak dan pupuk organik. Sebagai pakan ternak cangkang kerang dapat membantu hewan ternak dalam menjaga stamina tubu hmemperbaiki kualitas telur unggas, mencegah penyakit lumpuh, kurang darah dan lemas, serta mencegah cacat kuku dan paru. Sedangkan sebagai bahan pupuk organik cangkang kerang dapat membantu perkembangan mikroorganisme dan hewan yang berguna bagi tanaman, misalnya cacing tanah (Redaksi Dokter Sehat).


Bagikan catatan ini

Ikuti Studiofru | Green Project melalui media sosial untuk mendapatkan informasi singkat mengenai flora dan fauna

Catatan Terbaru