Beri Dukungan
first published at:
updated at:
    Setu Patok
    Pengetahuan

Sumur merupakan salah satu sumber air yang banyak digunakan oleh warga dalam kehidupan sehari - hari. Umumnya merupakan sebuah lubang tanah yang digali untuk memperoleh air, minyak atau gas. 

Menurut sebuah data hasil pemetaan yang dilakukan pada tahun 2019 di dusun Karang Dawa ditemukan bahwa hanya sekitar 200-an dari total 711 kepala keluarga yang memiliki sumur di dusun tersebut. Sebanyak 200-an sumur tersebut rata - rata mengalami kekeringan baik pada saat musim hujan dan terlebih pada musim kemarau (Khairina, 2019). 

Sebelum adanya bantuan berupa penampung air yang cukup besar untuk warga di wilayah tersebut, warga terbiasa untuk menggunakan dua sumur terdekat. Kedua sumur tersebut menurut warga lokal adalah sumur alami yang kemudian dipugar dengan penambahan batu bata pada sisi - sisi dindingnya. Masing - masing dari kedua sumur itu diberi nama sebagai Sumur Kopo dan Sumur Kelapa. Jarak kedua sumur berada dekat ke arah sungai. Namun kini setelah adanya penampungan air warga sudah jarang menggunakan kedua sumur tersebut. 

sumur kopo - karang dawa - setu patok - 1.jpg

Sumur Kopo

sumur kelapa - karang dawa - setu patok - 2.jpg

sumur kelapa - karang dawa - setu patok - 1.jpg

Sumur Kelapa


Bagikan catatan ini

Ikuti Studiofru | Green Project melalui media sosial untuk mendapatkan informasi singkat mengenai flora dan fauna

Catatan Terbaru