Beri Dukungan
first published at:
updated at:
    Flora
    Jawa Barat

Identitas Bentuk

Billbergia pyramidalis lebih dikenal dengan nama Flaming Torch (Obor Menyala), Queen’s Tears, Summer Torch atau Foolproof Plant. Tanaman ini merupakan tanaman hias dari keluarga Bromeliaceae. Tanaman ini pertama kali ditemukan oleh John Sims dengan nama yang pertama kali diutarakan oleh John Lindley.

Genus ini merupakan penghormatan kepada ahli botani dari Swedia yang bernama Gustav Johann Billberg (1772-1844); nama latin spesies “pyramidalis” = piramidal, mengacu pada bentuk perbungaannya (Monaco Nature Encyclopedia, 2022).

Asal

Flaming Torch berasal dari wilayah Amerika Selatan seperti Brazil, Kuba dan Venezuela yang kemudian banyak menyebar ke wilayah lain termasuk juga negara – negara di wilayah Asia Tenggara seperti Indonesia dan Singapura.

flaming-torch-1.jpg

Pertumbuhan dan Deskripsi Bentuk

Perbungaan yang berada di tengah roset, terbentuk oleh tangkai bunga sepanjang sekitar 25 cm yang ditutupi oleh bulu putih dan dilengkapi bracts tipis, lebih panjang dari ruas, berwarna merah muda dengan sisik abu-abu mikroskopis, yang menjadi lebih tebal di sisi bagian atas di bawah perbungaan.  Pada ujung batangnya terletak gugusan perbungaan dengan bentuk yang menyerupai piramida terbalik dengan tinggi sepanjang 12 cm dan lebar 6 cm dengan sedikit bracts bunga atau tidak ada sama sekali (Monaco Nature Encyclopedia, 2022).

Variasi bunganya memiliki panjang sepanjang 5 cm, dengan warna merah cenderung ungu di bagian puncaknya, sepal – sepalnya ditutupi oleh bubuk putih dan merah cerah dengan gradasi ungu di puncak. Panjang kelopak bisa mencapai hingga 8 cm dengan bentuk bengkok di bagian sambungan.

Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik di daerah – daerah dengan iklim tropis dan sub tropis. Dapat diperbanyak melalui biji yang disebar dengan penyiraman yang terarut di daerah yang lebab dan terang namun tidak dibawah sinar matahari langsung.


Bagikan catatan ini

Ikuti Studiofru | Green Project melalui media sosial untuk mendapatkan informasi singkat mengenai flora dan fauna

Catatan Terbaru