Beri Dukungan
first published at:
updated at:
    Flora
    Jawa Barat

Identitas Penamaan

Srikaya secara ilmiah dalam bahasa Latin dikenal dengan nama Annona squamosa. Nama spesies srikaya 'squamosa' mengacu pada penampilan buahnya yang menonjol. Secara internasional ia dikenal sebagai sugar apple atau sweetsop. Di Malaysia tumbuhan ini dikenal dengan nama buah nona atau sri kaya, lanang di Thailand, atis di Filipina, amritaphala atau aatoa di India dan anona blanca di negara -negara berbahasa Spanyol.

Taksonomi

Kingdom

Plantae

Phylum

Tracheophyta

Class

Magnoliopsida

Order

Magnoliales

Family

Annonaceae

Genus

Annona

Species

Annona squamosa

Asal

Srikaya diyakini berasal dari wilayah Amerika Selatan terutama wilayah Karibia yang kemudian di distribusikan ke banyak wilayah negara lain di Amerika Selatan, Amerika Utara dan Asia termasuk Indonesia.

Deskripsi Bentuk

Termasuk ke dalam tumbuhan evergreen, srikaya dapat tumbuh tinggi hingga mencapai 4 sampai 6 meter. Ciri utama pohon ini adalah buahnya yang berwarna hijau kekuningan yang menyerupai kerucut pinus pendek. Srikaya diserang oleh sejumlah hama yang memakan akar, batang, daun dan buahnya serta jamur pada buahnya yang kering dan busuk.

srikaya - 2.jpg

Buahnya terbentuk oleh perpaduan dari banyak ovarium matang yang memiliki ukuran diameter 7,5 sampai 10 cm dan berat kira - kira 113 sampai 682 gram. Berbeda dengan sirsak (Anonna muricata) yang berkerabat dekat, srikaya memiliki buah dengan kulit yang beruas - ruas yang dapat terpisah saat sudah matang. Srikaya memiliki banyak biji dengan kira - kira terdapat 30 hingga 40 butir biji terdapat pada masing - masing buahnya.

srikaya - 3.jpg

Daunnya berwarna hijau yang berbulu saat muda dengan bentuk telur bulat lonjong yang tipis dan runcing pada bagian ujungnya. Panjang daunnya  sekitar 6 hingga 10 cm. 

Bunganya kecil dengan panjang sekitar 2,54 cm yang diproduksi sendiri-sendiri atau dalam kelompok 2 sampai 4 dari ketiak daun pada pucuk ketika berumur satu tahun atau pertumbuhan baru. Bunganya terdiri dari 3 kelopak berdaging hijau, 3 sepal kecil yang tidak mencolok, dan banyak putik pada wadah yang sama.

Varietas Srikaya

Tiga bentuk srikaya terdapat di Filipina yaitu bentuk berbiji berbuah hijau yang tumbuh di sebagian besar negara Filipina, bentuk berbiji berbuah ungu yang menurut laporan diperkenalkan dari India, dan bentuk berbuah hijau tanpa biji yang asalnya tidak diketahui. 

Adapun varietas lainnya menurut Harley (2023) yaitu;

  • Na Dai Vietnam – Varietas srikaya Vietnam yang manis dan kenyal
  • Thai Lessard – Varietas srikaya hijau dari Thailand yang terkenal dengan srikayanya yang besar dan manis
  • Kampong Mauve – Varietas srikaya ungu yang mengembangkan rona pipi ungu dan merah yang indah dan konon memiliki rasa yang manis
  • Thai Purple – Varietas srikaya ungu yang mengembangkan rona pipi ungu dan sangat produktif
  • Thai Golden – Varietas srikaya yang berwarna kuning bukannya hijau dari Thailand. Varietas jenis srikaya ini manis dan kenyal serta memiliki tampilan kuning atau keemasan yang unik

Cara Penanaman Srikaya

Secara umum, pohon srikaya harus ditanam di bawah sinar matahari penuh untuk pertumbuhan untuk menghasilkan produksi buah terbaik. Srikaya dapat beradaptasi dengan baik pada sebagian besar jenis tanah yang dikeringkan dengan baik, termasuk tanah berbasis pasir dan batu kapur. Pohon di tanah yang kotor dan banyak mengandung pupuk cenderung tumbuh lebih kuat tetapi menghasilkan lebih sedikit buah karena kandungan nitrogen asli yang tinggi. Pohon srikaya tidak toleran terhadap tanah yang terus basah atau tergenang air (H. Crane et al.).

Srikaya seringkali dibudidayakan dengan biji namun dapat pula dibudidayakan dengan cara okulasi pada bagian bawah batangnya. Warna kulitnya akan berubah dari hijau keabu-abuan menjadi kuning kehijauan saat buah mendekati kematangan. Buah yang dipanen harus ditangani dengan hati-hati untuk mencegah memar pada kulit. Memanen buah yang belum matang akan menghasilkan kualitas yang buruk dan kegagalan pematangan dengan buah yang matang di pohon cenderung pecah (Datiles and Acevedo-Rodríguez, 2022). 

Konsumsi Srikaya dalam Budaya Kuliner

Buah srikaya biasanya dimakan segar atau diolah untuk dijadikan jus dan es krim. Di Indonesia buah srikaya banyak dijadikan bahan dalam berbagai penganan dan hidangan. Seperti kue srikaya pandan dari Palembang, mantau srikaya, srikaya gula merah dan puding srikaya ketan.

Kandungan dan Manfaat Srikaya

Srikaya mengandung 50 - 61% bahan yang dapat dimakan, dan merupakan sumber karbohidrat, vitamin A, vitamin C, vitamin B6, protein, potasium, kalsium, fosfor dan asam askorbat yang baik. Berdasarkan sebuah artikel yang ditulis oleh Ms. Neha dan kawan - kawan disebutkan bahwa kandungan vitamin A yang terdapat pada srikaya dapat membantu menjaga perawatan rambut dan kulit.

Srikaya juga membantu menjaga kesehatan mata dan sistem pencernaan pada tubuh melalui kandungan magnesium yang banyak terdapat pada buahnya. Selain itu srikaya dapat membantu mengurangi gejala radang sendi dan rematik, dan menghilangkan asam dari persendian. 


Bagikan catatan ini

Ikuti Studiofru | Green Project melalui media sosial untuk mendapatkan informasi singkat mengenai flora dan fauna

Catatan Terbaru