Beri Dukungan
first published at:
updated at:
    Flora
    Setu Patok

Identitas Penamaan

Tomat secara ilmiah dinamakan sebagai Solanum lycopersicum. Secara internasional dalam bahasa Inggris tumbuhan ini dikenal dengan nama tomato. Sedangkan untuk jenis varietas tomat ceri tumbuhan ini secara ilmiah disebut sebagai Solanum lycopersicum var. Cerasiforme dan cherry tomato dalam bahasa Inggris sebagai nama populernya.

Nama populernya, tomato, berangkat dari bahasa Spanyol untuk tomate. Kata tersebut dapat ditelusuri jejaknya dari suku Aztec dengan bahasanya Nahuatl yang mengandung kata tomatl yang berarti “buah yang membengkak” (“Tomato - Definition, Meaning and Synonyms”). 

Taksonomi

Kingdom

Plantae

Phylum

Tracheophyta

Class

Magnoliopsida

Order

Solanales

Family

Solanaceae

Genus

Solanum

Species

Solanum lycopersicum

Variety

Solanum lycopersicum var. cerasiforme

Asal dan Sejarah Penyebaran Tomat

Wilayah Andes diyakini sebagai pusat asal usul dari spesies Solanum lycopersicum var. cerasiforme atau tomat ceri. Secara umum diyakini pula bahwa domestikasi tomat jenis ini pertama kali terjadi di wilayah Puebla-Veracruz. Hal tersebut mengacu pada fakta bahwa walaupun tomat merupakan tanaman yang asli berasal dari wilayah pantai barat daya Amerika Selatan tidak ditemukan adanya bukti arkeologi yang dapat mengarahkan adanya penggunaan tomat oleh masyarakat Andes pada masa sebelum kependudukan Spanyol (Wexler, 2016).   

Tumbuhan ini kemungkinan besar diangkut ke Meksiko dari Peru yang selanjutnya pada abad ke-16 menyebar luas ke negara-negara Asia, Pasifik dan Eropa, serta ke Dunia Baru. Sebuah sumber lain menyebutkan bahwa pada tahun 1519, Cortez membawa benih tomat ke Spanyol, dimana tanaman tersebut ditanam sebagai hiasan tetapi tidak untuk dimakan (“Tomato - Definition, Meaning and Synonyms”). 

Popularisme tomat ceri dikatakan dimulai pada awal tahun 1900-an. Tumbuhan ini telah populer di Amerika Serikat setidaknya sejak tahun 1919 dengan penggunaannya sebagai bahan konsumsi yang baru dimulai pada tahun 1967 melalui resep - resep yang ditulis pada artikel. 

Deskripsi Bentuk dan Pertumbuhan

Tomat ceri merupakan pohon tahunan yang memiliki ukuran tinggi yang relatif pendek hingga dapat dikatakan cenderung kerdil. Tumbuhan ini dapat menghasilkan banyak sekali tomat bulat berwarna merah tua dengan ukuran rata - rata lebar 1,5 cm. Tomat ceri biasanya berwarna merah, namun dapat ditemukan dengan warna lain seperti oranye, kuning, hijau, ungu, dan hitam. Tomat ceri diyakini merupakan campuran genetik perantara antara tomat jenis kismis liar dan tomat kebun domestik. 

Untuk jenis tomat ceri Micro - Tom tanamannya dapat tumbuh tinggi hingga setinggi 20 cm dengan pertumbuhan yang lebat serta dapat menghasilkan sebanyak 25 buah tomat ceri sekali panen setelah 50 sampai 60 hari sejak benih disemai. Tomat jenis ini membutuhkan sinar matahari langsung minimal 4-6 jam. Tomat ceri Micro - Tom sendiri merupakan jenis tomat ceri yang dikembangkan oleh University of Florida di Amerika Serikat (National Parks Flora Fauna Web). 

Kandungan dan Manfaat Lain dari Tumbuhan Tomat Ceri bagi Kesehatan

Tomat ceri dikatakan kaya akan serat namun rendah akan kalori. Buahnya juga diketahui mengandung banyak nutrisi dan vitamin termasuk vitamin C, vitamin A, B, serta E dan potasium. 

Adapun manfaat dari mengkonsumsi buah tomat ceri diyakini dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah. Selain itu senyawa - senyawa yang terkandung pada buah tomat ceri juga dikatakan merupakan kandungan antikanker terutama terhadap kanker payudara dan kanker pankreas (C. S. M. Rd, 2021). 

Sedangkan lycopene yang ada dalam tomat ceri dapat mendukung kesehatan tulang, terutama pada wanita yang berisiko terkena osteoporosis. Sebuah penelitian menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi produk tomat mengalami tingkat kehilangan kepadatan tulang yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi lebih sedikit tomat ceri (WebMD Editorial Contributors, “Health Benefits of Cherry Tomatoes”, 2020).


Bagikan catatan ini

Ikuti Studiofru | Green Project melalui media sosial untuk mendapatkan informasi singkat mengenai flora dan fauna

Catatan Terbaru