Beri Dukungan
first published at:
updated at:
    Flora
    Setu Patok

Identitas Penamaan

Taiwan beauty secara ilmiah dalam bahasa Latin dinamakan sebagai Cuphea hyssopifolia. Nama lain Cuphea hyssopifolia secara ilmiah dalam bahasa Latin yaitu Cuphea rivularis Seem. atau Parsonia hyssopifolia (Kunth) Standl. Secara internasional dalam bahasa Inggris tanaman ini dikenal dengan nama false heatherelfin herb, atau Mexican heather

Nama genusnya Cuphea berasal dari kata Yunani untuk kyphos, yang berarti "bengkok", "melengkung", atau "punuk. Sedangkan nama spesiesnya hyssopifolia berarti "berdaun hisop" (Kaufman, 2022).

Taksonomi

Kingdom

Plantae

Phylum

Tracheophyta

Class

Magnoliopsida

Order

Myrtales

Family

Lythraceae

Genus

Cuphea

Species

Cuphea hyssopifolia

taiwan beauty - Cuphea hyssopifolia - 2.jpg

Asal 

Genus Cuphea dari keluarga Lythraceae memiliki kurang lebih sebanyak 260 jenis spesies tanaman bunga tahunan yang berasal dari wilayah tropis Amerika. Cuphea hyssopifolia atau Taiwan beauty diyakini berasal dari Meksiko dan Panama. Namun sumber lain menyatakan bahwa tanaman ini berasal dari Meksiko, Guatemala dan Honduras.

Tanaman ini telah banyak diperkenalkan sebagai tanaman hias di berbagai negara seperti di wilayah Asia Tenggara termasuk India dan Indonesia, Kepulauan Karibia, Hawaii dan Selandia Baru. Benihnya tercantum dalam katalog pertama kali pada tahun 1877 (Kaufman, 2022). 

Deskripsi Bentuk dan Pertumbuhan

Taiwan beauty merupakan tanaman tahunan abadi dengan ketinggian yang dapat mencapai hingga 60 cm dengan lebar yang dapat mencapai hingga 90 cm. Bunganya yang menarik perhatian umumnya berwarna ungu lavender dengan helaian daun bunga berbentuk lonjong panjang yang terdiri atas 6 helai yang tersusun secara melingkar.  

Daun - daunnya kecil dan berwarna hijau dengan bentuk yang panjang dan lurus. Buahnya berupa kapsul yang berisi biji bulat kecil. Tanaman Taiwan beauty banyak dibudidayakan dalam bentuk benih atau tanaman berakar dalam pot. 

Tanaman Taiwan beauty cukup toleran terhadap beberapa situasi, mudah beradaptasi pada berbagai jenis tanah dengan drainase yang baik di bawah sinar matahari penuh dan tahan terhadap musim panas yang tinggi serta sedikit kekeringan, namun tumbuh paling baik dengan kelembapan yang teratur (Cuphea Hyssopifolia (Elfin Herb, False Heather, Hawaiian Heather, Mexican Heather) | North Carolina Extension Gardener Plant Toolbox, 2023). 

taiwan beauty - Cuphea hyssopifolia - 3.jpg

Kandungan dan Manfaat Lain dari Taiwan Beauty bagi Kesehatan

Tanaman - tanaman genus Cuphea telah dilaporkan memiliki beberapa kandungan senyawa yang meliputi tannis, flavonoids, phenolic acids, triterpenes, sterols, carbohydrat dan asam lemak tak jenuh. Senyawa - senyawa tersebut telah dipelajari secara lebih lanjut untuk aktivitas antiviral, cytotoxic, antimicrobial, anti-Helicobacter pylori, antiprotozoal, cardiovascular, antioksidan dan diuretik. 

Tidak hanya sampai disitu, beberapa spesies dari genus Cuphea juga telah digunakan untuk mengobati sakit perut, sifilis, gonore serta digunakan sebagai kontrasepsi oral dalam pengobatan tradisional di Amerika Selatan dan Tengah (Elgindi et al., 2012). 

Daun dan bunganya digunakan sebagai tonik dan pengobatan demam dan batuk serta sebagai insektisida (Cuphea Hyssopifolia (Elfin Herb, False Heather, Hawaiian Heather, Mexican Heather) | North Carolina Extension Gardener Plant Toolbox, 2023).

Namun di Indonesia, tanaman Taiwan beauty banyak ditanam sebagai tanaman hias dengan pemanfaatannya dalam disain lanskap karena mudah dibentuk, mudah beradaptasi dan tahan terhadap serangan hama. 


Bagikan catatan ini

Ikuti Studiofru | Green Project melalui media sosial untuk mendapatkan informasi singkat mengenai flora dan fauna

Catatan Terbaru