Beri Dukungan
first published at:
updated at:
    Flora
    Setu Patok

Identitas Penamaan

Sphaeranthus indicus atau yang lebih dikenal dengan nama sembung delan di Indonesia secara internasional dikenal dengan nama East Indian globe thistle. Di India tanaman ini dikenal dengan nama mundi atau mahamundi.

Taksonomi

Kingdom

Plantae

Phylum

Tracheophyta

Class

Magnoliopsida

Order

Asterales

Family

Asteraceae

Genus

Sphaeranthus

Species

Sphaeranthus indicus

sembung delan - plectranthus habrophyllus - 1.jpg

Asal dan Sejarah Penemuan

Sembung delan merupakan tumbuhan yang berasal dari Australia, Afrika dan wilayah tropis Asia termasuk Indonesia dan India. Genus Sphaeranthus ditemukan oleh Vailant pada tahun 1719 dan pada tahun 1753 Linnaeus mendeskripsikan S. indicus yang telah menjadi spesies tertua dan paling populer dalam genus Sphaeranthus (W. Robyns, 1924).

Sub Spesies

Sebuah laporan yang ditulis oleh Namrata G. Mahajan pada tahun 2015 menyebutkan beberapa sub spesis dari Sphaeranthus yang dapat ditemukan di beberapa negara. Diantaranya yaitu Sphaeranthus moli, Sphaeranthus microcephalus willd di Jawa, Sphaeranthus laevigatus wall - di Afrika, Sphaeranthus suaveolens di Perancis dan Swiss, Sphaeranthus hirtus willd serta Sphaeranthus senegalensis (G. Mahajan et al., 2015).

sembung delan - plectranthus habrophyllus - 2.jpg

Deskripsi Bentuk dan Pertumbuhan

Sembung delan merupakan tumbuhan yang seringkali dapat dijumpai di pinggir sawah dan memiliki aroma yang khas. Tumbuhan ini dianggap sebagai hama terhadap tanaman padi. 

Dinyatakan sebagai tumbuhan herba tahunan, sembung delan dapat tumbuh dengan ranting yang mencapai hingga 40 cm. Rantingnya menyebar hingga menyerupai sayap dengan bentuk bergigi yang sedikit banyak ditutupi dengan rambut kelenjar. 

Daunnya berbentuk telur bulat yang lonjong, menyempit di pangkal dan bergerigi. Bunganya berwarna ungu dan berbentuk telur bulat dengan kepala majemuk yang bertumpu pada tangkai kelenjar soliter dengan sayap bergerigi. 

sembung delan - plectranthus habrophyllus - 4.jpg

Kegunaan Lain dan Manfaat Sembung Delan bagi Kesehatan

Pada berbagai pengobatan tradisional di India dikatakan bahwa jus dari tanaman ini merupakan obat penahan darah dan bermanfaat untuk masalah gangguan hati dan lambung.  Rebusan akarnya digunakan untuk nyeri dada, batuk, dan keluhan usus. Daunnya direbus dengan susu untuk mengobati batuk. Sifat antituberkulosis juga dikatakan terdapat dalam tanaman ini.

Kegunaan lain dari sembung lain yaitu untuk mencegah kerusakan oleh hama serangga selama penyimpanan dengan cara pencampuran tumbuhan dengan padi dan beras. Sebagai ramuan sembung delan juga digunakan sebagai racun ikan. Meskipun telah banyak digunakan oleh masyarakat di India sebagai ramuan tradisional namun penelitian terhadap tanaman ini belum banyak dilakukan.

Di Indonesia sendiri penelitian terhadap sembung delan telah dilakukan dengan penggunaannya sebagai ekstrak fungisida yang dapat membantu menyembuhkan penyakit hawar daun pada tanaman kentang. I Wayan Sunda menyebutkan bahwa secara umum aplikasi formulasi ekstrak kasar sembung delan (S. indicus) yang dilakukan di lapangan dapat menekan serangan penyakit hawar daun pada tanaman kentang hanya sampai pada umur 61 hari setelah tanam. 


Bagikan catatan ini

Ikuti Studiofru | Green Project melalui media sosial untuk mendapatkan informasi singkat mengenai flora dan fauna

Catatan Terbaru