Beri Dukungan
first published at:
updated at:
    Flora
    Jawa Barat

Identitas Penamaan

Pohon dollar secara ilmiah dalam bahasa Latin dinamakan sebagai Zamioculcas zamiifolia. Secara populer dalam bahasa Inggris tanaman ini dikenal dengan nama ZZ plant, Zanzibar germ atau aroid palm

Nama spesiesnya, Zamioculcas zamiifolia mengacu pada daunnya yang seperti Zamia. Meskipun Zamia merupakan genus yang tidak berkerabat.

Taksonomi

Kingdom

Plantae

Phylum

Tracheophyta

Class

Magnoliopsida

Order

Alismatales

Family

Araceae

Genus

Zamioculcas

Species

Zamioculcas zamiifolia

Asal 

Tanaman pohon dollar atau ZZ plant diketahui berasal dari wilayah Afrika timur yang mencakup wilayah negara Kenya, KwaZulu-Natal, Malawi, Mozambique, Tanzania dan Zimbabwe (Zamioculcas Schott | Plants of the World Online | Kew Science, 2023). 

daun dollar - Zamioculcas zamiifolia - 1.jpg

Deskripsi Bentuk dan Pertumbuhan

Tanaman pohon dollar merupakan tanaman herba abadi yang tumbuh dengan lambat dengan ketinggian yang dapat mencapai hingga sekitar 60 cm. Karakteristik utama dari tanaman ini adalah dedaunannya yang memiliki permukaan yang mengkilap. Rimpangnya yang berdaging bulat menghasilkan dedaunan yang mengkilap yang menyimpan air dan membuatnya sangat toleran terhadap kekeringan (Zamioculcas Zamiifolia (Aroid Palm, Emerald Palm, Eternity Plant, Zanzibar Gem, Zuzu Plant, ZZ Plant) | North Carolina Extension Gardener Plant Toolbox, 2023). 

Daun - daunnya cenderung lebar dan tebal dengan panjang yang berkisar antara 5 cm hingga 7 cm. Umumnya daun - daunnya berwarna hijau tua.   

Tanaman pohon dollar juga dikatakan dapat menghasilkan bunga dalam bentuk kelopak yang berwarna krem dengan bentuk yang mirip dengan bunga lili. Ukurannya kecil dan biasanya tersembunyi di bagian bawah pangkal daunnya (Balogh, 2022).

Sebagai tanaman hias, tanaman ini perlu ditanam atau ditempatkan di tempat yang teduh dalam dan pada tanah organik atau berpasir dengan drainase yang baik. Tanaman pohon dollar juga dapat dikatakan sebagai pohon yang low maintenance. Hal ini dikarenakan perawatannya yang cenderung mudah seperti penyiraman yang tidak perlu dilakukan setiap hari dan pemupukan yang tidak perlu sering dilakukan karena ia dapat menyimpan unsur hara di bagian akarnya. 

Meskipun tanaman pohon dollar telah diakui secara botani sejak tahun 1892, popularitasnya dapat dikatakan baru benar - benar terjadi semenjak beberapa dekade yang lalu. Hal ini berkat para petani Belanda yang menerima tantangan membudidayakannya pada tahun 1996 (Zamioculcas Zamiifolia, 2016).

Pohon Dollar sebagai Tanaman Beracun

Pohon dollar pada umumnya merupakan pohon yang sering dijadikan sebagai tanaman hias terutama karena perawatannya yang mudah. Penggunaannya sebagai bahan konsumsi pengobatan dan makanan tidak dianjurkan karena pohon dollar secara keseluruhan bagiannya diketahui mengandung racun. 

Dengan mengunyah atau menelan pohonya dapat menimbulkan rasa sakit seperti terbakar dan pembengkakan pada bibir, mulut, lidah dan tenggorokan. Dermatitis kontak juga dapat terjadi pada individu yang sensitif (Queensland Poisons Information Centre, 2023). Namun begitu racun yang terdapat pada tanaman ini diyakini cukup hanya sampai menimbulkan gejalan - gejala seperti alergi dan tidak akan sampai menimbulkan kematian. 

Tanaman ini sebenarnya menghasilkan zat yang sama dengan batu ginjal pada manusia, yaitu Kalsium Oksalat. Zat ini mempunyai bentuk seperti kristal dengan tepi yang tajam. Hal inilah yang menyebabkan iritasi kulit jika terkena getah dari tanaman pohon dollar dan dapat menyebabkan iritasi pada jaringan bagian dalam jika tertelan (Is a ZZ Plant Poisonous? (and How to Grow Them Safely) - Smart Garden Guide, 2019).


Bagikan catatan ini

Ikuti Studiofru | Green Project melalui media sosial untuk mendapatkan informasi singkat mengenai flora dan fauna

Catatan Terbaru