Beri Dukungan
first published at:
updated at:
    Flora
    Jawa Tengah

Identitas Penamaan

Teratai atau yang dikenal sebagai Nymphaeaceae disebut juga sebagai Water Lily dalam bahasa Inggris. pada keluarga tumbuhan ini terdapat 7 genera dengan 70 jenis spesies yang diketahui. Teratai berakar di tanah dalam air, dengan daun dan bunga yang mengambang atau muncul dari balik permukaan.

Asal

Tumbuhan ini dapat ditemukan di negara - negara beriklim tropis termasuk wilayah Indonesia.

Deskripsi Bentuk

Sebagian besar spesies teratai memiliki daun berlapis lilin yang bulat dan berlekuk pada tangkai panjang yang berisi banyak ruang udara dan mengapung di habitat air tawar yang tenang. Tangkainya muncul dari batang bagian bawah dalam air berdaging tebal yang merayap dan terkubur di lumpur. Bunga-bunga soliter harum mencolok mengapung pada atau di atas permukaan air pada tangkai panjang yang melekat pada batang bawah tanah (The Editors of Encyclopaedia Britannica). Setiap bunga berbentuk cangkir memiliki susunan spiral dari banyak kelopaknya.

Teratai menyediakan makanan untuk ikan dan satwa liar tetapi terkadang dapat menyebabkan masalah drainase karena pertumbuhannya yang relatif cepat.

Bunga Teratai 2.jpg

Manfaat

Beberapa kandungan yang terdapat pada bunga teratai dengan berat 100 gram yaitu:

Kalori sebanyak 74 kilo kalori

Serat sebanyak 4.9 gram

Protein sebanyak 2.6 gram

Karbohidrat 17.2 gram

Kalsium sebanyak 45 miligram

Magnesium sebanyak 23 miligram

Fosfor sebanyak 100 miligram

Kalium sebanyak 556 miligram

Teratai juga diketahui mengandung berbagai vitamin C dan B6 serta kaya akan kandungan mineral dan zat besi. Tanaman ini memiliki sifat antitumor, antimikroba, antiradang, antidiabetes dan antioksidan.

Manfaat lain dari teratai bagi kesehatan yaitu:

Teratai bersifat antimikroba yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab diare, yakni Salmonella typhi, Escherichia coli dan Staphylococcus aureus. Caranya dengan merendam biji teratai di dalam air hangat dalam waktu beberapa jam. Kemudian minum air rendaman selagi hangat.

Kesehatan sistem pencernaan dapat terjaga dengan baik berkat kandungan karbohidrat kompleks dan serat di dalam akar teratai. Kedua kandungan tersebut juga dapat meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam usus yang berperan penting dalam proses pencernaan.

Untuk mendapatkan manfaat terhadap kulit, caranya yaitu dengan mencampurnya ke dalam teh hijau. Langkah ini efektif mengurangi produksi minyak (sebum) berlebihan yang menjadi pemicu jerawat. Imbangi juga dengan kebiasaan sehat, seperti rajin membersihkan wajah.

Pemanfaatan teratai sebagai bahan konsumsi herbal dapat dilakukan dengan cara dikeringkan, diolah ke dalam bentuk bubuk dan kapsul.


Bagikan catatan ini

Ikuti Studiofru | Green Project melalui media sosial untuk mendapatkan informasi singkat mengenai flora dan fauna

Catatan Terbaru