Beri Dukungan
first published at:
updated at:
    Flora
    Setu Patok
    Jawa Barat

Identitas Penamaan

Bunga kertas secara ilmiah dalam bahasa Latin dinamakan sebagai Bougainvillea glabra. Secara populer dalam bahasa Inggris tanaman ini dikenal dengan nama paper flower atau lesser Bougainvillea.

Dalam bahasa Latin, glaber berarti “halus”, merujuk pada penampilan bunganya yang halus (Thulaja, Naidu Ratnala & Board, 2022).

Taksonomi

Kingdom

Plantae

Phylum

Tracheophyta

Class

Magnoliopsida

Order

Caryophyllales

Family

Nyctaginaceae

Genus

Bougainvillea

Species

Bougainvillea glabra

bougainvillea - 3.jpg

Asal

Sebuah laporan menyebutkan bahwa bunga kertas berasal dari wilayah negara Brazil. Louis Antoine de Bougainville, seorang navigator Perancis, pertama kali menemukan tanaman semak bunga kertas di Brazil pada abad ke-18. Dua spesies yang paling umum, Bougainvillea glabra dan Bougainvillea spectabilis, merupakan persilangan dan hibridisasi sehingga menghasilkan banyak varietas hibrida (Thulaja, Naidu Ratnala & Board, 2022). 

Adapun yang pertama kali mendeskripsikan tanaman ini adalah Philibert Commerçon, seorang ahli botani yang menemani laksamana angkatan laut dan navigator Louis Antoine de Bougainville di Brazil. Kemudian dua puluh tahun setelahnya tanaman ini pertama kali dipublikasikan sebagai 'Buginvillæa' pada Genera Plantarum oleh A. L. de Jussieu (Wikipedia Contributors, 2023).

Bunga kertas telah banyak menyebar ke berbagai negara di Asia dan sangat mudah sekali untuk dijumpai di Indonesia. Umumnya ditanam sebagai tanaman hias di taman - taman dan pekarangan rumah. 

Deskripsi Bentuk 

Karakteristik utama dari tanaman bunga kertas adalah yaitu warna bracts-nya  yang seperti kertas dan menarik perhatian. Variasi dari warna bracts-nya meliputi merah, ungu dan pink.

Bunga kertas merupakan tanaman semak perdu yang selalu hijau dan dapat tumbuh dengan ketinggian yang dapat mencapai hingga 9 m namun umumnya tumbuh hingga ketinggian 3 sampai 3,5 m (Wikipedia Contributors, 2023). Daunnya berbentuk bulat telur dengan ujung lancip yang tersusun secara berselang - seling dengan panjang tangkai daun sekitar 1 sampai 2,5 cm (Thulaja, Naidu Ratnala & Board, 2022). Daun - daunnya berukuran panjang 5 sampai 13 cm dan lebar 3 sampai 6 cm. 

Bunga kertas paling cocok untuk ditanam pada iklim tropis yang panas dan kering serta harus disiram dalam-dalam tetapi dibiarkan mengering di antara penyiraman. Setelah terbentuk, tanaman ini dapat tahan terhadap kekeringan. Merupakan pemanjat kayu dengan duri melengkung yang menyebar dan perlu diikat atau memiliki struktur seperti pagar, dinding, atau pergola sebagai penyangga (Bougainvillea Glabra (Bougainvillea, Lesser Bougainvillea, Paperflower, Paper Flower) | North Carolina Extension Gardener Plant Toolbox, 2023).

bougainvillea - 2.jpg

Manfaat Bunga Kertas bagi Kesehatan dan Kegunaan Lainnya

Selain banyak dimanfaatkan sebagai tanaman hias di taman - taman dan pekarangan rumah, bunga kertas juga memiliki manfaat bagi kesehatan yang tidak banyak orang ketahui. 

Daun Bougainvillea glabra dilaporkan memiliki aktivitas anti inflamasi, aktivitas anti hiperglikemik, aktivitas insektisida, aktivitas anti hiperglikemik anti maag, aktivitas antimikroba dan anti diare serta protein antivirusnya (Soni & Sehrawat, 2019).


Bagikan catatan ini

Ikuti Studiofru | Green Project melalui media sosial untuk mendapatkan informasi singkat mengenai flora dan fauna

Catatan Terbaru