Beri Dukungan
first published at:
updated at:
    Flora
    Jawa Barat

Identitas Penamaan

Tanaman begonia semangka secara ilmiah dalam bahasa Latin dinamakan sebagai Pellonia repens atau yang disinonimkan dengan nama Procris repens (Lour.) B.J.Conn & Hadiah. Secara internasional dalam bahasa Inggris tanaman ini populer dengan nama watermelon begonia, Trailing watermelon begonia, satin creeper atau rainbow vine

Nama genusnya Pellionia diambil dari nama Wakil Laksamana Prancis Joseph Alphonse Odet-Pellion (1796-1868) yang berlayar bersama navigator Prancis Louis de Freycinet dalam sebuah perjalanan keliling dunia dari tahun 1817-1820. Sedangkan nama spesiesnya repens berarti menyebar atau merayap, mengacu pada kebiasaan pertumbuhan tanamannya (NParks | Procris Repens, 2022).

Taksonomi

Kingdom

Plantae

Phylum

Anthophyta

Class

Dicotyledoneae

Order

Rosales

Family

Urticaceae

Genus

Pellionia

Species

Pellonia repens

Pellonia repens - 2.jpg

Asal

Tanaman Pellonia repens atau begonia semangka merupakan tanaman yang berasal dari negara - negara di benua Asia termasuk wilayah Asia Tenggara Indonesia, Filipina, Malaysia dan Singapura serta China, Bhutan dan India.  

Deskripsi Bentuk dan Habitat

Pellonia repens merupakan tanaman herba merambat yang pada umumnya tumbuh membungkuk atau menjulur ke tanah. Tanaman ini dapat tumbuh dengan ketinggian hingga 15 cm dengan panjang menjulur hingga 60 cm. 

Daun - daunnya tumbuh dalam posisi secara berselang seling dan dikatakan berdaging dengan sisi helaian daun yang bergerigi dan bergelombang. Daunya berbentuk elips atau lonjong dengan ukuran panjang sekitar 2,5 sampai 10 cm dan lebar sekitar 2 sampai 5 cm. 

Bunga yang mungil berwarna putih atau merah jambu dengan semburat warna perak yang tersusun secara berkelompok pada cabangnya.

Karakter utama dari tanaman ini adalah coraknya dengan warna yang menyerupai kulit buah semangka yang memudah menjadi ungu atau cokelat seiring dengan bertambahnya usia tanaman.    

Pellonia repens selain pada umumnya tumbuh sebagai tanaman hiasan juga dapat tumbuh di tempat yang teduh dan lembab diantara bebatuan dan lantai di hutan.

Pellonia repens - 3.jpg

Manfaat Pellonia repens atau Begonia Semangka  bagi Kesehatan dan Kegunaan Lainnya

Selain dapat mempercantik taman sebagai tanaman hias yang digantung tanaman Pellonia repens juga memiliki kegunaan lain dan manfaat bagi kesehatan yang belum banyak diketahui oleh orang. 

Tanaman ini dikatakan sebagai tanaman yang dapat dimanfaatkan sebagai tanaman pangan bagi ulat kupu-kupu, lalat telur besar (Hypolimnas bolina bolina), lalat telur Jacintha (Hypolimnas bolina jacintha), dan lalat telur danaid (Hypolimnas misippus misippus). Sedangkan dalam pengobatan tradisional orang Melayu di Asia Tenggara atau Singapura dan Malaysia pada khususnya, tanaman Pellonia repens digunakan untuk membantu menyembuhkan tapal bisul, daerah bengkak dan sakit perut. Di daerah yang sama, rebusan dari tanaman ini juga digunakan untuk rematik (NParks | Procris Repens, 2022).  

Penelaahanya mengenai sisi kandungan senyawa pada tanaman Pellonia repens mungkin dapat ditelusuri melalui Keluarga Urticaceae yang memiliki banyak kepentingan biologis dari angiospermae karena memiliki berbagai fitokostituennya dan kegunaan obat yang berharga. Adapun kandungan yang terdapat pada keluarga ini yaitu triterpen, sterol, flavonoid, lignan, seskuiterpen, alkaloid dan senyawa fenolik sederhana. Tidak hanya itu, berbagai senyawa yang bertanggung jawab terhadap aktivitas biologis juga dapat ditemukan pada keluarga ini seperti sitotoksik, antimikroba (antibakteri, antijamur dan antivirus), anti inflamasi, antidiabetik, anti prostat jinak hiperplasia, hepatoprotektif, antioksidan serta penyembuhan luka (Assaf et al., 2021).

Namun belum banyak penelitian yang dilakukan pada spesies Pellonia repens sehingga validitas dari kandungan dan manfaatnya bagi kesehatan belum banyak diketahui. 


Bagikan catatan ini

Ikuti Studiofru | Green Project melalui media sosial untuk mendapatkan informasi singkat mengenai flora dan fauna

Catatan Terbaru