Beri Dukungan
first published at:
updated at:
    Flora
    Kebun Raya Bogor
    Endemik

Identitas Penamaan

Kaktus kursi mertua secara ilmiah dalam bahasa Latin dinamakan sebagai Kroenleinia grusonii. Secara internasional dalam bahasa Inggris tumbuhan ini dikenal dengan nama golden barrel cactusgolden ball atau mother-in-law’s cushion

Nama genusnya, Kroenleinia merupakan sebuah nama penghormatan yang ditujukan pada Marcel Kroenlein (1928 - 1994). Beliau merupakan direktur Jardin Exotique de Monaco (1969 - 1993) (Lodé, 2017).  Spesies ini pertama kali dideskripsikan oleh ahli botani Jerman Heinrich Hildmann pada tahun 1891 (Academic Accelerator, n.d.).

Taksonomi

Kingdom

Plantae

Phylum

Tracheophyta

Class

Magnoliopsida

Order

Caryophyllales

Family

Cactaceae

Genus

Kroenleinia

Species

Kroenleinia grusonii

Asal

Kaktus kursi mertua berasal dari wilayah Meksiko. Spesies ini dinyatakan langka dan terancam punah di alam liar serta endemik di bagian timur dan tengah Meksiko. Spesies ini ditemukan di dekat Mesa de Leon di Queretaro dan Hidalgo. Pembangunan bendungan dan waduk Jimapán di Hidalgo pada tahun 1990an menyebabkan penurunan populasi secara signifikan (Academic Accelerator, n.d.).

Namun menurut sumber lain, di Meksiko, kaktus kursi mertua umumnya dapat ditemukan di Guanaguato, Hidalgo, Queretaro, San Luis Potosi dan Zacatecas  (Lodé, 2017). 

Deskripsi Bentuk dan Habitat

Spesies kaktus kursi mertua memiliki bentuk yang menyerupai bola besar bulat yang dapat tumbuh hingga ketinggian 2 meter. Spesies ini perlu tumbuh lama selama bertahun - tahun untuk dapat mencapai ketinggian maksimalnya. Perkiraan usia generasi antar tumbuhan dalam spesies ini diperkirakan hingga 30 tahun. 

 Duri - durinya tajam dan panjang yang tumbuh lurus atau kadang melengkung dan berwarna kuning atau putih. Bunganya berwarna kuning kecil yang muncul di sekitar mahkota pada musim panas setelah usia melewati 20 tahun (Academic Accelerator, n.d.). 

Spesies kaktus kursi mertua biasanya tumbuh di batuan vulkanik di lereng pada ketinggian sekitar 1.400 meter (4.600 kaki). 

Kegunaan dan Pembudidayaan

Kaktus kuris mertua banyak dibudidayakan sebagai tumbuhan penghias taman terutama pada rancangan - rancangan yang bersifat modern serta kini banyak ditemukan di berbagai kebun raya. Di Inggris, tanaman ini telah menerima Penghargaan Garden Merit dari Royal Horticultural Society.

Spesies ini dapat tumbuh di daerah beriklim sedang di seluruh dunia dan dianggap memiliki syarat perawatan yang relatif mudah karena seperti spesies kaktus lainnya spesies ini juga toleran terhadap kekeringan. Namun kaktus kursi mertua membutuhkan sinar matahari yang cukup dan penyiraman yang berlebihan justru akan membuatnya membusuk.   


Bagikan catatan ini

Ikuti Studiofru | Green Project melalui media sosial untuk mendapatkan informasi singkat mengenai flora dan fauna

Catatan Terbaru